Galangan Kapal Tradisional Semakin Tumbuh Untuk Mendukung Konsep Tol Laut
Beranda » Kapal Tongkang (Barge Unit) » Galangan Kapal Tradisional Semakin Tumbuh Untuk Mendukung Konsep Tol Laut
Galangan Kapal Tradisional Semakin Tumbuh Untuk Mendukung Konsep Tol Laut
Kamis, 17 November 2016 - 18:40:45 WIB | Diposting oleh : Administrator | Kategori: Kapal Tongkang (Barge Unit) - Dibaca: 1048 kali


Galangan kapal tradisional banyak tumbuh di sepanjang Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Galangan-galangan kapal ini banyak memproduksi tug boat, tongkang dan LCT. Di sepanjang pinggir Sungai Mahakam maupun Sungai Barito banyak terdapat rangka-rangka tug boat siap diselesaikan sesuai dengan pesanan konsumen.

 

Puncak keemasan industri galangan kapal tradisional ini berkisar antara tahun 2001 - 2010. Pada masa ini banyak bermunculan usaha galangan kapal tradisional di sepanjang aliran Sungai Mahakam, Kalimantan Timur dan Sungai Barito, Kalimantan Selatan. Menjamurnya industri galangan kapal tradisional ini seiring dengan perkembangan kegiatan exploitasi batubara.


Mulai tahun 2011 sampai dengan saat ini (2014) pertumbuhan industri galangan kapal tradisional terus mengalami penurunan. Satu per satu galangan kapal tradisional mulai tutup karena makin sepinya pesanan Tug Boat. Galangan kapal tradisional yang masih bertahan sampai dengan saat ini lebih banyak digunakan sebagai tempat maintenance atau docking Tug Boat. Faktor-faktor yang menyebabkan turunnya bahkan matinya industri galangan kapal tradisional antara lain :

  1. Makin turunnya harga batubara internasional.
  2. Makin turunnya harga sewa kapal tongkang sehingan secara bisnis sudah kurang menguntungkan lagi.
  3. Makin berkurangnya export batubara
  4. dan lain-lain

 

Sejak digulirkan konsep Tol Laut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mendukung sistem transportasi laut di seluruh wilayah Indonesia, geliat industrigalangan kapal tradisional mulai bangkit kembali. Secara bertahap industri galangan kapal tradisional yang sempat mati suri mulai beroperasi kembali. Mereka mulai membuat kapal-kapal kecil yang beroperasi di pelabuhan pengumpul dan pelabuhan pengumpan. Keberadaan kapal-kapal kecil ini sangat diperlukan untuk mengangkut barang-barang dari dan ke pelabuhan utama yang disingahi kapal besar sebagai moda transportasi utama dalam implementasi Tol Laut.

 

 

Untuk mendorong pertumbuhan industri galangan kapal tradisional ini sebaiknya pemerintah segera memberikan berbagai kebijakan bagi pelaku industri perkapalan agar dapat mendorong implementasi dari konsep Tol Laut tersebut. Salah satu kebijakan yang segera digulirkan oleh pemerintah adalah memberikan insentif sebagai kompensasi kepada industri perkapalan dan industri pelayaran sebagai upaya untuk merangsang mereka memproduksi kapal-kapal sebagai sarana moda transportasi Tol Laut.

 



Berita Lainnya


Komentar



Isi Komentar
Nama
Website
Ex : www.namawebanda.com (tanpa http://)
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)